Perkembangan bayi 4 bulan

Pada usia 4 bulan, bayi tumbuh menjadi bayi lucu dengan segala prilaku barunya

Bayi 4 bulan dan perkembangannya

  • 41061 views
  • 31 comments
jika bayi telah terbiasa dengan sereal maka selanjutnya bisa mencoba sayuran atau buah

Tak terasa bayi anda sekarang telah berumur 4 bulan. Setiap harinya anda akan menemukan sesuatu yang baru yang bisa dilakukan oleh bayi anda.Suara ketawanya mungkin yang paling menonjol dari segala kemajuan yang dia alami. Berikut ini kemampuan lain yang normalnya terjadi pada bayi berumur 4 bulan.

Bayi anda sudah bisa tengkurap. Ketika dalam posisi tengkurap, bayi akan mengangkat kepala dan bahunya dengan bertumpu pada kedua tangannya. Posisi ini memperkuat otot-otonya dan membuatnya bisa melihat ke semua arah. Yang mungkin bisa membuat anda terkejut adalah sekarang dia telah bisa berguling-guling untuk berpindah tempat. Pancing dia untuk berguling dengan cara menaruhkan mainan di sampingnya dan beri dia applause jika dia berhasil melakukannya, dengan begitu dia akan terpancing untuk melakukannya lagi.

Pada umur 4 bulan, bayi anda sudah bisa memegang sebuah benda meskipun kadang benda itu terlepas karena bayi belum kuat memegangnya. Ketika ia berhasil memegang sebuah benda, dia akan mempelajarinnya sebentar lalu memasukkannya ke dalam mulutnya. Perkenalkan bayi anda dengan berbagai macam benda dan biarkan dia berekplorasi. Mainan seperti gym untuk bayi dengan banyak mainan berwrna bergantung di atasnya, sangat cocok untuk bayi pada usia ini.

Bayi anda juga sudah bisa bermain sendiri. Adakalanya mungkin anda bertanya-tanya, kenapa tidak ada suara bayi anda di tempat tidurnya, dan ketika anda lihat ternyata dia sedang bermain dengan tangan dan kakinya sendiri.

pertumbuhan bayi 4 bulan sangat cepat dan mengagumkan
Upaya pembentukan bayi sehat sudah dimulai sejak di dalam rahim

Perkembangan lainnya adalah kemampuanya berkomunikasi. Dari 4 bulan sampai dengan 6 bulan bayi sedang mencoba menyuarakan kata-kata vokal seperti ma-ma atau pa-pa. Dia juga sudah bisa mengulang kata-kata yang anda suarakan, msalnya jika anda mengatakan boo ,maka bayi juga akan mencoba menyuarakannya juga. Anda bisa mengembangkan kemampuannya berkomunikasi dengan cara mengikuti atau mengulang kata-kata yang dia ucapkan dan menirukan mimiknya. Dengan melihat reaksi anda ketika dia mengeluarkan suara, bayi akan memahami bahwa bersuara atau bahasa itu penting dan dia mulai mempelajari sebab akibat dari sebuah kata. Bayi mulai menyadari bahwa apa yang di suarakannya bisa berpengaruh terhadap orang disekitarnya.

Pada usia 4 bulan, bayi juga mulai bisa mengapresiasi warna. Sebenarnya bayi sudah bisa melihat warna sejak dia lahir, akan tetapi dia kesulitan membedakan warna-warna yang mempunyai tone yang sama seperti warna orange dan merah. Antara 2 sampai 4 bulan, perbedaan-perbedaan itu menjadi semakin jelas buat bayi dan dia sudah bisa membedakan warna-warna.

Bayi anda juga sudah bisa mengetahui kehadiran, suara bahkan ekspresi wajah anda dan orang dekat lainnya,  dengan cara menggerak-gerakkan tangan dan kakinya. Bayi anda yang sebelumnya mudah terseyum kepada semua orang yang ditemuinya, sekarang dia mulai memilih-milih siapa yang menjadi temannya. Biasanya dia menjadi tidak nyaman dengan banyak orang disekelilingnya atau dengan orang yang baru ia temui.

Hal yang perlu diingat setelah membaca perkembangan bayi diatas adalah bahwa setiap bayi adalah unik dan bayi akan menemukan kehidupan sosial dengan sendirinya. Perkembangan diatas adalah sebagian kecil kemajuan yang normalnya dialami oleh bayi berumur 4 bulan. Jika bayi anda belum mengalaminya kemungkinan besar sebentar lagi anda akan melihatnya.

Artikel Terkait
  • Blaze
  • Jumat,16 September 2011 05:38:44
  • "The guenis store called, theyre running out of you."
  • Neinueedundit
  • Jumat,18 November 2011 15:35:34
  • "mengapa tidak:)"
  • inda
  • Rabu,21 Desember 2011 16:45:14
  • "Waahh... sangat seru ya punya bayi :)
    setiap bulan ada aja kelakuan2 yg menggemaskan...."
  • MAMAH ARZU
  • Rabu,21 Desember 2011 23:01:50
  • "IYA BETUL BANGET TUH...MAKASIH YA ATAS INFONYA>,,,"
  • trumurtiana
  • Rabu,18 Januari 2012 09:12:35
  • "ya anakku udh mulai lucu, sekarang mulai aktif tapi kepala nya masih belum kuat untuk diangkat jd rada takut jg kl d gendong takut kepala nya jatuh k belakang.Kenapa y bs gitu....."
  • fatih
  • Rabu,29 Februari 2012 22:36:54
  • "THANKS YA INFOY BETUL BGT APA YG SAYA BACA,DGN APA YG BABY KU ALAMI."
  • ediyos
  • Minggu,18 Maret 2012 00:12:03
  • "enak banget kalau sudah punya bayi,tiap,detik,menit,jam,waktupengenketemu terussss....."
  • seo optimization
  • Kamis,17 Mei 2012 08:12:44
  • "Nah, yang pertama saya cek ke blog Anda! Kami adalah sekelompok relawan dan memulai sebuah inisiatif baru dalam sebuah komunitas regional di relung yang sama persis. Blog Anda kepada kami informasi berharga untuk bekerja pada. Anda telah melakukan tugas yang luar biasa!"
  • buy anabolic steroids
  • Sabtu,19 Mei 2012 03:07:20
  • "Sekarang aku senang bahwa saya melihat situs ini, persis informasi yang sesuai yang diinginkan!"
  • Titin
  • Selasa,22 Mei 2012 09:18:12
  • "Trimakasih sgat brmanfaat"
  • tantri
  • Kamis,12 Juli 2012 12:51:48
  • "Betuuull.. bayi saya minggu depan berusia 4 bulan, sekarang sudah menunjukkan perilaku-perilaku semuanya itu.. yang paling lucu kalo teriak-teriak dan tertawa..."
  • mujiharto
  • Selasa,28 Agustus 2012 12:38:07
  • "ga terasa dah mo 4 bulan .cuma bisa miring .sesekali saya latih tengkurap...bobonya seperti jarum jam muter...gitu dan ngoceh tentunya..sayang ibunya lum bisa mandiin sejak baby sampai skrng ayahnya yg mandiin.padahal ada kenikmatan tersendiri lho"
  • mujiharto
  • Selasa,28 Agustus 2012 12:40:10
  • "ga terasa dah mo 4 bulan .cuma bisa miring .sesekali saya latih tengkurap...bobonya seperti jarum jam muter...gitu dan ngoceh tentunya..sayang ibunya lum bisa mandiin sejak baby sampai skrng ayahnya yg mandiin.padahal ada kenikmatan tersendiri lho"
  • permana
  • Kamis,30 Agustus 2012 15:18:17
  • "maksih yah atas infonya saya punya bayi yg berumur 4bln ini anak pertama saya,say ucap kan terimakasih blog ini sangat menbantu saya dalam mengurus dan memantau perkembangan bayi saya."
  • agus
  • Kamis,13 September 2012 22:33:39
  • "Terima kasih infonya,kebetulan anakku tersayang sudah 4bulan lebih,tapi baru bisa tengkurap jarang2,tadinya saya sempat khawatir anakku kesakitan tidak ya ketika tengkurap,tapi rupanya ototnya dilatih untuk menahan beban diri sendiri subhanallah.."
  • dita
  • Selasa,18 September 2012 11:05:14
  • "trims infonya bermanfaat bgt buat bayi saya..alhamdulilah bayiku dah umur 4blan lebih nih.."
  • Vi alexa rose
  • Rabu,07 November 2012 02:16:48
  • "Alhamdullah bayi ku sdh 4 bln lbh, sdh bs tengkurep tp blm ba balik sendiri, bicara nya bawel suka teriak" klo di ajak mandi seneng banget ampe semua gerakan kaki tangan nya cepat ky mw berenang and naik sepeda, tp paling susah klo mau tidur dr usia 2 bln mau nya di gendong terus huhu alhamdulillah sehat slalu amin"
  • amel
  • Minggu,11 November 2012 18:27:11
  • "baby aku skrg sdng lucu2 nya sdh mulai tengkurap wlwpun agk sdkit sulit tuk kmbli ke posisi smula..thx ya info nya smua sama sprti yg aku alamin.."
  • amel
  • Minggu,11 November 2012 18:32:24
  • "baby aku skrg sdng lucu2 nya sdh mulai tengkurap wlwpun agk sdkit sulit tuk kmbli ke posisi smula..thx ya info nya smua sama sprti yg aku alamin.."
  • Netty
  • Minggu,11 November 2012 20:42:49
  • "Makasiiih yaaa artikel na sangat membantu...
    Baby saya "Barra Hibatullah Rabbani" juga udc 4 bLn tgl 2 kemarin,,,udc bza tengkurep smbil angkat2 bokong na,,tp blm bza balik sendiri..semoga sehat selalu.
    amiiinnn"
  • nenksoul
  • Rabu,28 November 2012 13:04:03
  • "bener bgt Fitiya Nuramalina baby aku sekaran pas usianya 4 bulan...dia kemarin lg seneng belaar tengkurep...senengnyaaa hehe
    thanks yaaa infonyaaaa"
  • Tommy
  • Kamis,29 November 2012 09:22:16
  • "Thanks atas infonya"
  • ain
  • Rabu,05 Desember 2012 17:16:50
  • "blognya bagus,bayiku umur empat bln kok blm bisa miring n tengkurap ya?pdhal dia sukanya angkat angkat kepala klo lg telentang"
  • Marwan
  • Senin,17 Desember 2012 07:59:12
  • "Jagoanku \ABDEL\ jg 4,5 bulan, lucu ba9d, semua orang yg menxapanya pasti dblz dg senyum yg gemezin...
    Tingkahnya jg sangt lincah, gak rewel, anak guwe b9d gt lhoh..
    Moga sehat smua amien.."
  • Mama rifqiy
  • Minggu,23 Desember 2012 17:47:18
  • "Jagoan ku umur 4 bln, miring udah bs , tengkurap jg udah tp agak malas. Klu diajak baru mau.tp dia lebih suka angkat kepala seperti mau duduk..sangat mengemaskan klu lhat dia ketawa"
  • Mamah zhidni
  • Senin,31 Desember 2012 14:49:09
  • "Anakqu br usia 3 bulan tgl 3 januari 2013 bsok,,tpii alhamdulillah udh bisa miring2,,n ngoceh,ketawa,n teriak2,,mdh2an pertumbuhannya mkin berkmbang seiring usianya.
    blog ini sgt membntu sekali untk sy bgmna menghdapi bayi usia 3-4 bln,,trimsinfonya..."
  • lisa novitasari
  • Jumat,04 Januari 2013 14:45:44
  • ".thanx bgd infonya
    .anakku fransisca lauryl nathasya..umurnya 4bln bsk tgl 8..
    .tp alhmdlh pas umur 3bln dia ud bisa tengkurep ya mskipun blm bisa balik n snyum kpda org2 skitr
    .skrg dia plg hobi klo posisi dia sandaran duduk dpangkuanku smbil nntn tv.."
  • salo
  • Senin,14 Januari 2013 16:17:45
  • "terimakasih buat infonya"
  • Yusuf
  • Sabtu,16 Februari 2013 20:23:06
  • "Sungguh beruntung ada blog yg membahas perkmbangan bayi yg dapat membuat orang tua semakin mengerti akan perkembangan anak."
  • Dyan sharmila
  • Selasa,26 Februari 2013 22:12:38
  • "Makasih infonya, anak ku perempuan 3hr lg 4bulan umurnya mudah bgt senyum ketawa, klu ud capek krj liat dy ilang smua rasa capeknya.. #obatcapek#"
  • nur fitri w.d
  • Kamis,28 Februari 2013 21:59:08
  • "trims info nya ...
    anak qu mau masuk umur 4bln .."
  • nur fitri w.d
  • Kamis,28 Februari 2013 21:59:09
  • "trims info nya ...
    anak qu mau masuk umur 4bln .."
  • hardiyani denia
  • Minggu,07 April 2013 10:19:33
  • "Wah ,, samma banget kaya perkembangan anak ku . Maksi yya buat infonya"
  • iim
  • Minggu,07 April 2013 17:51:13
  • "waahhh... uniknya bayi kita..."
  • Rhiyana asleytiesdahley
  • Selasa,23 April 2013 17:42:58
  • "Sneng bgt baca infox..
    Babyku daffa skrg 3bln 7hri sdh mlai bljr tgkurap...
    Suka ngoceh2,,ktawa2,,
    alhmdllah pangeranku daffa sehat"
  • Cuz rik
  • Minggu,26 Mei 2013 16:22:36
  • "Umur 3blan bayi bisa ngapain"
  • mandolit
  • Sabtu,15 Juni 2013 19:03:35
  • "wah,anakku zirah usia mau 4 bln sudah bisa yang dia bisa.he heeee"
  • mama salsa
  • Sabtu,13 Juli 2013 11:04:34
  • "Lucu Чα"̮. Bund denger perkembangan bayi2 ĸϊтα anak ∂ķΰ usia 4bulan 5hari ďαяί umur 3bulan kurang 10hari Ʊϑªђ Ɓɪ̣̇Ƨ̷ɑ tengkurap sendiri..akhir2 ini ∂j∂ baru Ɓɪ̣̇Ƨ̷ɑ balikin badanya..klo †̥Iđϋя̲̅ pengenya sambil tengkurep klo gk pas dia marah2 tengah mlm pun..tdrnya pun acak2an ky anak gede..sering ngemut jari 3 jari masuk sεмϋα kemulut..klo digendong pengenya didudukin klo di ajakin ngobrol liatin mulu trs senyum2..lucu ϑέčђ.."
  • gustiana
  • Sabtu,31 Agustus 2013 04:13:29
  • "Trims infonya sangat membantu sekali. Maklum ibu muda. Trkdang anak gerak sdikit dengan posisi yg aneh suka lngsung panic. Ternyata itu wajar.. Trims iaa infonya anakqu sekarang sdang masuk bulan k 4."
Nama  
Email  
Komentar  
Alamat email tidak akan ditampilkan
Images Terkait
  • Para ibu sering memberikan makanan bayi 4 bulan karena merasa ASI tidak cukup
  • Para ibu tidak perlu kuatir bayi 4 bulannya akan kelaparan jika hanya diberi ASI
  • Bayi 4 bulan yang sudah diberi makanan tambahan terlihat lebih sehat
  • Sebaiknya bayi 4 bulan diberikan sayuran terlebih dahulu
  • Jangan memberikan makanan padat pada bayi 4 bulan kecuali dokter  menyarankan Anda untuk melakukannya
  • pada usia 4 bulan kebutuhan gizi bayi akan semakin meningkat
  • Setiap bayi berkembang dengan kecepatan sendiri-sendiri
  • membuat makanan sehat untuk bayi adalah langkah tepat untuk menjaga kebutuhan gizi bayi
  • masakan yang sehat mempengaruhi pertumbuhan anak
Video Terkait