Makanan Bayi 4 Bulan

Tips makanan bayi umur 4 bulan, makanan apa saja yang boleh dan tidak

Makanan Bayi 4 Bulan - Hal yang perlu diketahui

  • 46596 views
  • 21 comments
Makanan tambahan untuk bayi berumur 4 bulan merupakan sumber nutrisi

Ketika bayi berumur 4 bulan sampai 6 bulan, kebutuhan akan nutrisi dipenuhi oleh ASI atau susu formula. Akan tetapi, orang tua kadang memaksakan untuk memperkenalkan bayi makanan padat atau solid seperti sereal dan makanan bayi lainnya dengan pertimbangan bahwa sistem pencernaanya sudah mulai terbentuk. Akan tetapi ada baiknya para orangtua tidak memaksakannya. Tidak membiasakan makanan padat kepada bayi 4 bulan setidaknya akan mengurangi kemungkinan bayi terkena alergi nantinya, bahkan banyak studi menyatakan bahwa makanan solid tidak membantu bayi akan menjadi lelap tidurnya pada malam hari.

Pada dasarnya lambung bayi 4 bulan masih lemah, oleh karenanya pemberian makanan harus diatur sedemikian rupa agar tidak mengganggu system pencernaannya. Pada masa ini perut bayi akan tumbuh membesar dan bayi sedang membangun kebiasaan makannya. Bayi akan mencoba memakan apa saja yang ia temukan. Meskipun ia tidak bisa mengunyah, bayi akan menjilat makanan untuk merasakan rasanya.

Intinya, memberikan makanan solid untuk bayi 4 bulan bisa dilakukan jika anda tahu makanan apa yang sesuai dengan kondisi pencernaannya dan bagaimana memberikannya. Berikut masukan yang mungkin bermanfaat bagi anda yang pertama kali mencoba meberikan makanan padat kepada anak anda.

Yang pertama dan yang paling penting untuk dilakukan adalah lakukan pemberiaan makanan terjadwal  dan sesuai dengan jadwalnya. Dengan melakukannya secara teratur dan terjadwal maka secara tidak langsung anda telah membuat selera makan atau rasa lapar bayi muncul secara rutin sejak dari dini.

Sebaiknya bayi 4 bulan diberikan sayuran terlebih dahulu
Pemberian makanan tambahan untuk bayi  4 bulan sebaiknya tidak terlalu banyak

Ada baiknya juga anda mengkonsultasikan dahulu dengan doktor mengenai makanan bayi apa yang cocok dangan bayi anda dan berapa banyak bayi anda seharusnya mengkonsumsinya. Pastikan jumlah makanan bayi seimbang dengan jumlah nutrisi yang didapat dari ASI atau susu formula, jangan sampai dengan makanan bayi akan kekurangan nutrisi atau bahkan terlalu banyak nutrisi.

Untuk melihat apakan makanan cocok dengan bayi anda, pertama-tama berikan 3-4 sendok padanya. Jika bayi bisa menerima makanan itu dan tidak dimuntahkannya atau tidak menyebabkan gangguan perut, maka anda bisa terus memberikan makanan tersebut.

Usahakan bayi dalam keadaan duduk ketika diberi makan, bisa sambil dipangku atau didudukkan di kursi bayi, karena dalam keadaan duduk bayi bisa menelan makanan lebih cepat dan baik, akan tetapi jangan langsung ditidurkan setelah diberi makan. Gunakan sendok kecil dan pastikan makanan tidak terasa panas untuk bayi.
 

Artikel Terkait
  • Pepper
  • Kamis,15 September 2011 22:33:12
  • "I dont know who you wrote this for but you helped a bortehr out."
  • dian
  • Senin,09 Januari 2012 21:20:33
  • "thx atas pemberitahuannya smoga bsa bermanfaat buat saya sebagai orang tua dan orangtu lainnya"
  • reyna
  • Kamis,14 Juni 2012 14:49:28
  • "bukany bayi 4blan blm blh di beri makan y??"
  • tina
  • Minggu,22 Juli 2012 14:17:51
  • "saya punya bayi usia 4+ bulan, saya pengen mencoba ksh makan, tapi sy ragu2, tapi bayi saya asi aja kyknya tak puas, di + susu bantu tak mau minum, gimana tolong penjelasannya tq"
  • anggraeny
  • Rabu,01 Agustus 2012 13:38:55
  • "anak saya 4 blan dah d ksih biscuit bayi."
  • kiki
  • Kamis,09 Agustus 2012 19:01:48
  • "anak sy bru 4 buln, tp msh ragu bwt ngash mp asi tkut knapa2 sm lambungx. sy ksihx asi aja nnti klo uda 6buln bru d bntu mp asi krna kta dokter pd usia 6blan perut bayi uda bisa untk trima mkanan yg padat. smga manfaat untk ibu yg lain"
  • aaliesha
  • Sabtu,11 Agustus 2012 13:40:52
  • "Yg pntg kta sbg ibu hrs PD bhwa ASI kta mncukupi si kecil...
    Yakin kalo si kecil ckup dg ASI kta smpai 6bln...
    Kandungan d dlm ASI itu mngalahkan smua Sufor...:)"
  • vani
  • Rabu,05 September 2012 18:08:02
  • "anak sy baru 4 bulan,blh ka bg nestum atau biskut bayi"
  • Lenny
  • Rabu,12 September 2012 13:01:16
  • "Bayi saya usia 4 bulan sdh kasi pisang,kalo gak di kasi makan ,susah n lama sampe 1 minggu bab nya,,,,mungkin gak ada yg kebuang kali ya.....tapi setelah kasi makan skrg bab nya hampir tiap hari :)"
  • Elisabet Susanti
  • Selasa,16 Oktober 2012 14:05:44
  • "Anak sy umurnya 5 bln, BABnya kadang 2 hari sekali, kalo dikasih ASI terus, dianya sk nolak. Kayanya mo sy cobain ksh makanan padat, plg pepaya dl, soalnya kasian perutnya suka bunyi krucuk krucuk. Hehehehe :D"
  • mega sari
  • Senin,05 November 2012 15:52:56
  • "Trims.untuk tipsnya ya semoga bermanfaat untuk anak saya"
  • fauziyahramadhany
  • Sabtu,01 Desember 2012 20:41:01
  • "bayi sya 4bln udach di kasih serelak sehari 1bungkus buat 2x mkan pgi sma sore."
  • Amalia ummu nisa
  • Minggu,23 Desember 2012 00:35:18
  • "Menurut hemat sy itu tergantung dari cukup ato tidaknya ASI bg bayi. Alhamdulillah sejauh ini my baby ga pernah rewel kekurangan ASI. Klo masalah dia suka memasukan apa pun ke mulutnya, toh memang sedang fasenya spt itu.."
  • muawiyah
  • Selasa,15 Januari 2013 04:41:36
  • "bayi saya berumur 3 bulan bentar lagi 4bln kira kira pisang baik gx wat tambahan makanannya"
  • mamanya wildan
  • Minggu,27 Januari 2013 21:44:15
  • "Bayi saya tiga bulan lebih blm saya kasih mp asi.kalau terlalu cepat dksh mknan padat nanti bermslah dgn lambung dan usus.contohnya saya n kluarga saya umur 3bln sdh dksh pisang akhirnya stlh besar bermasalah dbagian lambung.
    Kl utk mslh bab..baby wildan jg kadang 2hari baru bab..g usa khwtr bund..kata dokter,berarti kandungan asinya terserap semua oleh bayinya.smg bermanfaat"
  • Wardianto
  • Jumat,08 Maret 2013 20:36:24
  • "Lo mnrut sya c,,,mnding tr lo dh 6 bulan,tkute bayi malh diare."
  • niinanaiila
  • Sabtu,16 Maret 2013 08:07:57
  • "bayi q 4 bulan dah dikasih pisang kerok,"
  • toni fernando
  • Selasa,09 April 2013 15:46:31
  • "anak saya berumur 4 bulan,belum saya beri makan.hanya asi dari ibunya.kami punya rencana memberi makanan usianya +-6 bulan."
  • toni fernando
  • Selasa,09 April 2013 15:47:47
  • "anak saya berumur 4 bulan,belum saya beri makan.hanya asi dari ibunya.kami punya rencana memberi makanan usianya +-6 bulan."
  • uni puji astuti
  • Rabu,17 April 2013 08:32:49
  • "Emang bayi usia 4 blan sdah boleh di kasi makanan ya?? Sya mseh bingung"
  • dian
  • Senin,22 April 2013 09:47:14
  • "bayi saya usia 4 bulan, maren dah dicoba sama eyange makan pisang dikerok tapi adek g mau dan g bisa mkan.,rencana mo diksih bubur cereal gt.,"
  • shibga
  • Rabu,24 April 2013 06:36:42
  • "bayi sy skr 4bln.alhamdulillah msi asi.tp mslh sy adlh puting sy slalu lecet,krn bayi menyusui cm 1PD sj.dlu wkt umur 1-2bln,sy bntu dgn susu formula tp stlah 3bln dy sdh tdk mau.sy mw ksi makan tp ragu jg.asi sy jg g ckup,tdur bayi sy gak pulas krn msi lapar.nyusux jg lama jd bikin puting perih trz.bgmn crax agar bayi mw ngedot lg?"
  • opink.prabu x zeventt
  • Kamis,25 April 2013 10:36:07
  • "ank saya empt bln tp istri sy kaga ngrti mau ksh mkn pa..tp asi y lancr..gara2 byi saya sk mskn tgn kedlm mult istri sya bngung kta y lpar tolong ksh tau p yg ps bwt si bayi."
  • eppi
  • Kamis,02 Mei 2013 18:50:09
  • "ankqu dah 4 bln lbih aqu ksih milna , pdhal asiqu dah mnckupi tp dicba ksih mp asi dia mau,,,"
  • Ani yuliani
  • Selasa,07 Mei 2013 13:21:37
  • "Anaku mau menginjak 4 bln,blm ku ksh mknan pdat,soalnya ga pede dan tkt knapa2 sma lambungy,ntr aja deh pas 6bln,"
  • mindiah lasita,Amd
  • Sabtu,25 Mei 2013 11:30:46
  • "ank saya umur 3 stngah bln,makanannya ASI,kenapaya kok setelah minum sering muntah.apa boleh sering diberi air putih biasa"
  • Icha
  • Selasa,09 Juli 2013 13:20:30
  • "Dekbay q umurnya br 4 bln.
    Dah q ksh makan bubur milna cz dekbay minum sufor.
    Asiku dah ndak keluar.
    Pagi, siang n sore q ksh makan, tp ya sedikit aja."
  • eka
  • Rabu,20 November 2013 14:25:49
  • "anak saya baru 2 bulan tp dari lahir ampe skrg d ksh susu formula karena asi nya kurang...apa ad efek sampingnya tdk ya???"
  • Yulia
  • Senin,17 Februari 2014 07:32:20
  • "Asi berkurang umur 4 bulan sebaiknya kasih sufor dulu, kalo masih susah sufor + asi, gapapa kasih kasih makan, makanan yg baik u/ bayi itu umbi2an, bukan sereal bukan biskuit, bukan bubur nasi... Umbi di kukus + asi di campur.. Slamat mencoba"
Nama  
Email  
Komentar  
Alamat email tidak akan ditampilkan
Images Terkait
  • Makanan tambahan yang sering dijadikan sebagai makanan bayiumur 4 bulan biasaya pisang atau bubur instan
  • Bayi 4 bulan yang sudah diberi makanan tambahan terlihat lebih sehat
  • Makanan Pendamping ASI adalah makanan yang boleh diberikan untuk anak bayi yang sudah siap makan makanan padat
  • Jangan memberikan makanan padat pada bayi 4 bulan kecuali dokter  menyarankan Anda untuk melakukannya
  • pada usia 4 bulan kebutuhan gizi bayi akan semakin meningkat
  • Bayi 4 bulan sebaiknya diberi bah-buahan terlebih dahulu
  • Pertimbangkan  usia si bayi dalam memberikan makanan bayi
  • Upaya pembentukan bayi sehat sudah dimulai sejak di dalam rahim
  • masakan yang sehat mempengaruhi pertumbuhan anak
Video Terkait